Selasa, 28 Januari 2020

Pre_Test Pertemuan Ke-2 V-Class Pengelolaan Proyek Sistem Informasi

 1. Jelaskan Konsep dasar “Pengelolaan Proyek Sistem Informasi” ! Bilamana suatu proyek  dikatakan sukses? Apa saja parameternya? Jelaskan!

Konsep dasar Proyek dan Proyek Sistem Informasi
==================================
Proyek
secara umum pengertian proyek adalah kegiatan yang melibatkan berbagai sumber daya yang terhimpun dalam suatu wadah (organisasi) tertentu dalam jangka waktu tertentu untuk melakukan kegiatan yang telah ditetapkan sebelumnya atau untuk mencapai sasaran tertentu
------------------------------------------
Pengertian Sistem Informasi
sistem informasi adalah kumpulan elemen yang saling berhubungan satu sama lain yang membentuk satu kesatuan untuk mengintegrasikan data, memproses dan menyimpan serta mendistribusikan informasi.
------------------------------------------
Konsep Proyek Sistem Informasi
Konsep proyek sistem informasi ditekankan pada empat faktor, yaitu:
- manusia
- produk
- proses
- proyek
Dalam pekerjaan sistem informasi faktor manusia sangat berperan penting dalam suksesnya manajemen proyek. Pentingnya faktor manusia dinyatakan dalam model kematangan kemampuan manajement manusia (a people management capability maturity model/ PMCMM) yang berfungsi untuk meningkatkan kesiapan organisasi perangkat lunak (sistem informasi) dalam menyelesaikan masalah dengan melakukan kegiatan menerima, memilih, kinerja manajemen, pelatihan, kompensasi, pengembangan karier, organisasi dan rancangan kerja serta pengembangan tim.
------------------------------------------
Project Management yang efektif
dipengaruhi oleh 4 faktor :
Manusia
People Management Maturity Model mendefinisikan hal berikut ini : (PM – CMM)
– seleksi
– management performance
– recruiting
– training
– kompensasi
– pengembangan karir
– organisasi
– perancangan kerja
– pengembangan tim
------------------------------------------
Produk
• Tentukan ruang lingkup
• Tentukan obyektif produk
• Definisikan solusi alternatif
------------------------------------------
Proses
• aktifitas layar kerja dari pengembangan software ditentukan.
• Berbagai tugas-tugas, milestone, produk kerja, dan poin-poin mengenai quality assurance dibahas.
------------------------------------------
Proyek
• Pada tahun 1998 menunjukkan bahwa sebanyak 26% proyek software gagal dalam membuat produk softwarenya.Dan sebanyak 46% mengalami pembengkakan biaya dan perpanjangan jadwal penyelesain proyek yang dibangunnya.
• Masalah Gagal dan Suksesnya sebuah proyek.
------------------------------------------
Kompetensi Manajer Proyek
Kompetensi – kompetensi Manajer Proyek
Manajer proyek harus memiliki satu set inti kompetensi: Kompetensi Bagaimana memperolehnya ?
-Dengan pengalaman bisnis
Pencapaian bisnis
-Kesadaran bisnis
-Orientasi rekan bisnis
-Komitmen pada kualitas
Kompetensi pemecahan Masalah
-Inisiatif’
-Pengumpulan informasi
-pemikiran analitis
-pemikiran konseptual
Kompetensi pengaruh
-kesadaran antar personal
-kesadaran organisasi
-antisipasi dampak
Kompetensi Manajemen
-Memotivasi orang lain
-Ketrampilan komunikasi
-mengembangkan orang lain
Kompetensi self manajemen
-kepercayaan diri
-Manajemen stress
-Kepedulian pada kredibilitas
-Fleksibel
------------------------------------------
Produk
• Produk scope harus ditentukan dan dibatasi
• Software scope
• context
• obyektif informasi
• fungsi dan performa
Data kuantitatif
• jumlah user
• maximum response time
• algoritma yang dipakai  


2. Jelaskan secara detail “ Project Management Framework”! Berikan contoh untuk masing masing kasus pada “core fuction” dan “facilitating function!

Project Management Framework merupakan pengaplikasian dari knowledge, skills, tools, dan technique pada aktivitas suatu proyek untuk mencapai kebutuhan/harapan dari seluruh stakeholder yang terlibat dalam proyek SI.

Core Function terdiri dari:


  1. scope management
  2. time management
  3. cost management
  4. quality management
Facilitating Function terdiri dari:
  1. human resource management
  2. communication management
  3. risk management
  4. procurement management

Tidak ada komentar:

Posting Komentar